News Ticker

Menu

Search This Blog

Powered by Blogger.

About Me

My photo
Komunitas kreatif yang bergerak di bidang riset, jurnalisme, desain, dan komunikasi marketing. Integritas dan profesionalisme kami bisa dilihat pada topik dan cara penyajiannya pada situs-situs atau blog yang kami kelola. Sesimple itulah kami.

Selaraskan Hubungan Manusia VS Sang Pencipta

Sebagaimana tertuang dalam Visi dan Misi Kelompok Tani Ternak Pucak Manik yakni :
VISI : “Peningkatan Kesejahteraan Anggota Kelompok Ternak Pucak Manik Dengan Berlandaskan Konsep Tri Hita Karana”
MISI : "Meningkatkan Seradha Bhakti Kehadapan Ida Hyang Widhi Wasa, dengan dilandasi oleh semangat rasa persaudaraan antar anggota kelompok, didalam menggali segenap potensi diri dan alam sekitar kita dengan konsep berwawasan lingkungan, dalam mencapai kesejahteraan bersama".

Dari Visi dan Misi tersebut diatas terdapat penyelarasan hubungan manusia dengan sang Pencipta (Tuhan Yang Maha Esa). Ini Point Pertama, walaupun hal ini tidak tampak real namun bila di hayati dengan baik akan mampu menjadikan sebuah spirit POSITIF dalam sebuah pengembangan pembangunan kelompok.

Dari tetua kami di bali mempercayai sebuah konsep keselarasan hubungan antara Manusia, Sang Pencipta dan Alam, yang mana konsep inilah yang di sebut dengan "Tri Hita Karana", sebagaimana yang menjadi landasan visi dan misi kelompok Kami.

Tepatnya Pada tanggal :25 April 2012 kami Kelompok Tani Ternak Pucak Manik melakukan sebuah upacara keagamaan di lingkungan kelompok kami yakni Upacara Pemelaspasan Bangunan Pelinggih Penunggu Karang dan Bangunan Cubang/Bak air beserta Tempat Mesin.
Upacara ini dilakukan bersama dengan seluruh anggota kelompok kami dengan penuh suka cita, penuh kegotong-royongan dan kebersamaan.

Adapun Tujuan dari Upacara Pemelaspasan ini adalah untuk menyucikan bangunan Pelinggih Penunggu Karang dan bangunan Cubang/Bak Air yang baru selesai di bangun di lingkungan kelompok kami, sehingga kedepan dengan tersucikannya bangunan-bangunan diharapkan mampu memberikan sebuah fibrasi positif dan manfaat yang positif bagi Anggota Kelompok kami dalam menjalankan sebuah usaha berbasis kelompok ini.

Adapun Agenda Kegiatan dalam prosesi ini adalah sebagai Berikut :
1. Pembersihan Lingkungan sekitar Kandang
2. Pemasangan Busana Pelinggih
3. Penataan Banten
4. Upacara Pecaruan
5. Upacara Penyapsap
6. Upacara Pemendak
7. Upaca Ngelinggihang
8. Persembahyangan Bersama

Upacara ini dilakukan seharian penuh dari pagi hingga sore hari dengan di puput oleh Pemangku adat desa lokapaksa.

Kami Berharap Semoga energi fositif datang dari segala penjuru, usaha peternakan sapi kami mendatangkan keuntungan dan yang lebih penting persatuan dan persaudaraan antar anggota kami selalu terjalin dengan baik.

Share This:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Selaraskan Hubungan Manusia VS Sang Pencipta "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM